Wednesday, November 2, 2016

Makna Bacaan Basmallah dan Ulasannya

Makna " Basmallah "

Hasil gambar untuk bismillahirrahmanirrahim


" Bismillahirrohmanirrohim " pasti teman teman sesama muslim disini tau kan kalimat itu ? Betul !
siapa sih yang mengenali kalimat itu, bahkan kita kita selalu mengucapkan kalimat itu setiap hari
Basmallah biasanya kita ucapkan saat akan mengawali sebuah tindakan, atau suatu pekerjaan, bahkan saat kita ibadah
" Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih, Lagi Maha Penyayang " itu adalah arti dari " Bismillahirrohmanirrohim ", Banyak riwayat yang menganjurkan membaca " Basmallah " salah satunya adalah

Rosulullah pernah berkata kepada Umar bin Abu Salamah, yang ketika itu dia masih dalam asuhan Rosulullah, semasa kecilnya “Ucapkanlah Bismillah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah apa yang ada di dekatmu” ( HR. Muslim )


Makna Basmallah
Adapun yang harus sahabat ketahui makna dari Basmallah, Dalam kitab tafsir Mariful Qur’an, Mufti Shafi Usmani R.A memberikan analisa secara bahasa tentang makna kata Bismillah. Menurut beliau kata Bismillah terdiri dari 3 suku kata, yaitu kata ba, ism, dan Allah.

Kata " ba " memiliki 3 arti dalam bahasa arab

·                     Mengekspresikan kedekatan antara dua benda yang satu dengan satu benda lainnya yang hampir tidak ada jarak diantara keduanya.
·                     Mencari pertolongan dari seseorang atau sesuatu.
·                     Mencari Berkah dari seseorang atau sesuatu.
Sedangkan kata " ism " sendiri memiliku arti yang sederhana, yaitu nama. Sedangkan kata Allah merupakan gabungan dari kata Al dan Ilah. Al memiliki arti dalam bahasa arab adalah menunjukkan sesuatu yang khusus dan sedangkan untuk kata Ilah menunjukkan arti sesuatu yang patut untuk disembah. Kata Allah merupakan bentuk tunggal yang tidak mempunyai bentuk dua atau jamak, hal ini menguatkan arti ke-Esaan Allah.


Kenapa Harus Diawali dengan huruh " ba "

Kalimat Bismillah diawali dengan huruf ‘ba’ merupakan permulaan huruf yang diucapkan ketika berada di alam arwah. Yaitu ketika para arwah ditanya, “Apakah aku (Allah) adalah Tuhanmu?” kemudian mereka menjawab “Balaa” yang artinya betul. Dalam bahasa arab, kalimat balaa ( بَلَى ) diawali dengan huruf ba.
Mengapa bukan huruf alif saja yang merupakan huruf yang mengawali kalimat Allah? Ini merupakan sebuah peringatan bagi ummat manusia, bahwa jika huruf ‘ba’ dengan harakat kasroh memiliki makna ketidak berdayaan manusia dalam menghadapi cobaan Allah SWT. Maka dari itu sebelum memulai berbagai pekerjaan diawali dengan membaca bismillah yang merupakan tanda ketidak berdayaan manusia tanpa kekuatan dari sang Maha Pencipta.

Semoga Bermanfaat
Sesungguhnya Kebenaran Hanya Milik Allah Semata......

Artikel Terkait

Makna Bacaan Basmallah dan Ulasannya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email