Sunday, November 6, 2016

Memahami Pengertian, Rujukan, Waktu, Niat, Cara, dan Keutamaan Sholat Sunnah Tahajud

Pengertian Sholat Tahajud


Hasil gambar untuk sholat tahajud

Sholat Tahajud adalah Sholat yang dikerjakan malam hari, di mulai dari setelah isya sampai terbit fajar atau menjelang subuh, dilakukan minimal 2 rakaat dan maksimal tidak terbatas, sedikit catatan : Sholat Tahajud di lakukan setelah tidur, meskipun hanya sebentar, seperti makna dari kalimat Tahajud itu sendiri " Bangun dari tidur " atau " Telah tidur sebelumnya "

Hukum Melaksanakan Sholat Tahajud adalah Sunnah Mu'akkad yaitu, Sunnah yang sangat di anjurkan, adapun hadist dan dalil yang memerintahkan sholat Tahajud, diantaranya :


Rujukan

“Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan dan sholatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam niscaya engkau akan masuk surga dengan selamat” (HR. Ibnu Majah, dishohihkan oleh Al Albani)

“Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang…..…Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” ( QS - AL Muzzammil, ayat 20 )

“Dan pada sebagian malam hari shalat Tahajjud-lah kamu….” ( QS. Al-Israa’/17: 79 )

Dan sebutlah nama Rabb-mu pada (waktu) pagi dan petang. Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari.” ( QS. Al-Insaan/76: 25-26 )
dan masih banyak lagi dalil-dalil yang menjadi rujukan atas perintah sholat tahajud tersebut.

Waktu Pelaksanaan

 lalu kapan waktu yang tepat untuk melalukan sholat Tahajud, Seperti yang saya katakan di atas, Sholat Tahjud itu dimulai dari setelah isya samapi menjelang subuh, dengan catatan dilakukan setelah tidur, namun masih banyak dari kita yang masih bingung mengenai pelaksanaan di sepertiga malam, apalagi bag mereka yang berpatok pada jam, baiklah disini saya akan sedikit memberikan arahan,.
waktu pelaksanaan sholat tahajud dibagi menjadi 3 yaitu :

  • Sepertiga malam pertama dilakukan setelah isya sampai pukul 22.00
  • Sepertiga malam ke dua dilakukan pukul 22.00 sampai 01.00
  • Sepertiga malam terakhir dilakukan pukul 01.00 sampai menjelang subuh
Namun waktu yang paling utama adalah sepertiga malam terakhir, karena diwaktu itu Allah menurunkan banyak rahmatnya ke bumi

Niat

Sebenarnya saya belum pernah menemukan dalil Niat Sholat Tahajud, memang sih dari beberapa sumber memberikan cara niat sholat tahajud, namun sayang tidak disertai hadist ataupun dalil yang menjadi rujukan, namun saya meyakini bahwa semua amalan tergantung pada niat, dan saya merujuk pada hadit :
"Semua amal tergantung niatnya dan setiap orang akan mendapatkan sesuaui apa yang ia niatkan" (HR. Al Bukhari dan Muslim).
jadi menurut saya niat tidak harus di ucapkan, yang terpenting niat dalam hati kita bahwa kita akan melaksanakan Tahajud

Namun bagi sobat yang kurang greget kalau gx baca niat, ini saya Kalimat niatnya, yang saya dapatkan dari sebuat sumber :


Tata Cara Sholat Tahajud

Pada dasarnya pelaksanaannya sendiri tidak jauh berbeda dengan sholat fardlu, di awali dengan Niat dan di akhiri dengan salam, dalam pelaksanaannya sholat tahajud dilakukan minimal 2 rokaat dan maksimal tidak terbatas dimana setiap 2 rakaat di barengi dengan salam

Keutamaan Sholat Tahajud

Rosulullah sendiri bersabda mengenai 9 keutamaan sholat tahajud, 5 keutamaan di dunia dan 4 keutamaan di akhirat

5 Keutamaan Sholat Tahajud di dunia

  • Allah akan melindungi dan memelihara dari segala bencana  dan Bala
  • Wajahnya akan nampak bersinar, sebagai tanda ketaatannya
  • Akan dicintai manusia dan hamba allah ( Makhluk allah lainnya )
  • Lidahnya memiliki kemampuan dimana setiap perkataannya akan mengandung hikmah
  • Akan dijadikan orang yang bijaksana dan diberikan pemahaman tentang ilmu agama

4 Keutamaan Sholat Tahajud di Akhirat

  • Wajahnya akan berseri pada saat hari kebangkitan nanti
  • Memperoleh oleh keringanan waktu Hisab
  • Dapat melewati Shirotol Mustaqim dengan mudah
  • Semua catatan amal perbuatan akan diberikan di tangan kanan


Artikel Terkait

Memahami Pengertian, Rujukan, Waktu, Niat, Cara, dan Keutamaan Sholat Sunnah Tahajud
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email